1. Pengertian Perusahaan
Perusahaan
adalah suatu organisasi yang kegiatannya melakukan produksi barang dan jasa.
Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat. Untuk menghasilkan produk, maka suatu
perusahaan membutuhkan bahan baku, bahan pendukung, peralatan, dan tenaga
kerja. Untuk mendapatkan semua itu, perusahaan mengeluarkan biaya yang biasa
disebut dengan biaya produksi. Setelah biaya produksi, perusahaan dapat
menghasilkan suatu barang maupun jasa, barang dan jasa inilah yang dipasarkan
untuk memperoleh kembali biaya yang dikeluarkan sekaligus mendapatkan
keuntungan bagi perusahaan.
2. Tempat Kedudukan dan Letak
Perusahaan
Tempat
kedudukan perusahaan merupakan kantor pusat perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor
hubungan antara perusahaan lainnya.
Letak
Perusahaan merupakan tempat perusahaan untuk melakukan kegiatan atau pabrik
yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi.
Jenis-jenis letak
perusahaan:
-
Terikat pada alam
-
Terikat sejarah
-
Ditetapkan pemerintah
-
Dipengaruhi oleh faktor ekonomi
3. Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaan
adalah suatu unit kegiatan produksi yang memproduksi barang dan jasa bagi
masyarakat.
Tujuan didirikannya
perusahaan yaitu :
a. Tujuan
ekonomi
Berupaya
untuk mempertahankan eksistensinya, memperoleh laba.
b. Tujuan
social
Memperhatikan keinginan
dalam perusahaan seperti karyawan, investor, penyedia,faktor produksi, maupun
masyarakat.
4. Lingkungan Perusahaan
Dibedakan
menjadi dua yaitu ;
a.
Lingkungan
Eksternal
Lingkungan eksternal
merupakan lingkungan yang tidak berpengaruh langsung terhadap kegiataan
perusahaan.
Lingkungan
eksternal terbagi menjadi 2, yaitu ;
1.
Lingkungan
Eksternal Makro
Merupakan lingkungan
eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh
:
Ø Keadaan
alam : Sumber Daya Alam, lingkungan.
Ø Politik
dan hankam : kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik
dan hankam Negara dimana perusahaan berada.
Ø Hukum
Ø Sosial
budaya
Ø Perekonomian
Ø Kependudukan
Ø Pendidikan
dan kebudayaan
Ø Hubungan
internasional.
2.
Lingkungan
Eksternal Mikro
Adalah lingkungan
eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
Ø Teknologi
: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
Ø Pemasok/supplier : yang menunjang kelangsungan
operasi perusahaan.
Ø Perantara
: misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian
hasil-hasil produksi ke konsumen.
Ø Pasar
: sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
b.
Lingkungan
Internal
Adalah faktor-faktor
yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh
:
Ø Tenaga
kerja
Ø Bahan
mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
Ø Peralatan
dan mesin
Ø Permodalan
(pemilik, investor, pengelolaan dana)
Ø Sistem
informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
5. Pendekatan Melihat Bisnis dan
Lingkungannya
Bisnis
akan selalu dipengaruhi oleh suatu lingkungan. Hubungan antara bisnis dan
lingkungannya berkaitan erat. Hubungan ini diamati oleh para usahawan. Pada
awalnya, diamati dengan cara tradisional yaitu mereka beranggapan bahwa
bisnisnya merupakan hal yang terpenting sedangkan lingkungan merupakan hal
sekunder yang mengelilingi bisnisnya. Tetapi seiring berjalannya waktu, keadaan
itu mulai berubah, dimana pengusaha semakin bertambah banyak dan masyarakatpun
semakin selektif untuk memilih sehingga terjadi persaingan yang ketat antara
perusahaan dan perusahaan lain.
Dalam
hal ini, perusahaan yang dapat menarik minat masyarakat atau konsumen, berarti
perusahaan tersebut berhasil dalam persaingan antar perusahaan lain. Pada saat
seperti ini, pengusaha harus bisa mempertahankan dan melihat faktor lingkungan.
Sumber :
Agus arijanto, pengantar bisnis (pusat pengembangan
bahan ajar_UMB)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar