Rabu, 14 Oktober 2015

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN


1.       Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah suatu organisasi yang kegiatannya melakukan produksi barang dan jasa. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat. Untuk menghasilkan produk, maka suatu perusahaan membutuhkan bahan baku, bahan pendukung, peralatan, dan tenaga kerja. Untuk mendapatkan semua itu, perusahaan mengeluarkan biaya yang biasa disebut dengan biaya produksi. Setelah biaya produksi, perusahaan dapat menghasilkan suatu barang maupun jasa, barang dan jasa inilah yang dipasarkan untuk memperoleh kembali biaya yang dikeluarkan sekaligus mendapatkan keuntungan bagi perusahaan.

2.      Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
Tempat kedudukan perusahaan merupakan kantor pusat perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor hubungan antara perusahaan lainnya.
Letak Perusahaan merupakan tempat perusahaan untuk melakukan kegiatan atau pabrik yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi.
Jenis-jenis letak perusahaan:
-          Terikat pada alam
-          Terikat sejarah
-          Ditetapkan pemerintah
-          Dipengaruhi oleh faktor ekonomi

3.       Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang memproduksi barang dan jasa bagi masyarakat.
Tujuan didirikannya perusahaan yaitu :
a.       Tujuan ekonomi
      Berupaya untuk mempertahankan eksistensinya, memperoleh laba.
b.      Tujuan social
Memperhatikan keinginan dalam perusahaan seperti karyawan, investor, penyedia,faktor produksi, maupun masyarakat.

4.       Lingkungan Perusahaan
Dibedakan menjadi dua yaitu ;
a.      Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal merupakan lingkungan yang tidak berpengaruh langsung terhadap kegiataan perusahaan.
            Lingkungan eksternal terbagi menjadi 2, yaitu ;
1.      Lingkungan Eksternal Makro
Merupakan lingkungan eksternal  yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
Ø  Keadaan alam : Sumber Daya Alam, lingkungan.
Ø  Politik dan hankam : kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada.
Ø  Hukum
Ø  Sosial budaya
Ø  Perekonomian
Ø  Kependudukan
Ø  Pendidikan dan kebudayaan
Ø  Hubungan internasional.

2.      Lingkungan Eksternal Mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
Ø  Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
Ø  Pemasok/supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
Ø  Perantara : misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
Ø  Pasar : sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.

b.      Lingkungan Internal
Adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
            Contoh :
Ø  Tenaga kerja
Ø  Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
Ø  Peralatan dan mesin
Ø  Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
Ø  Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.

5.      Pendekatan Melihat Bisnis dan Lingkungannya

Bisnis akan selalu dipengaruhi oleh suatu lingkungan. Hubungan antara bisnis dan lingkungannya berkaitan erat. Hubungan ini diamati oleh para usahawan. Pada awalnya, diamati dengan cara tradisional yaitu mereka beranggapan bahwa bisnisnya merupakan hal yang terpenting sedangkan lingkungan merupakan hal sekunder yang mengelilingi bisnisnya. Tetapi seiring berjalannya waktu, keadaan itu mulai berubah, dimana pengusaha semakin bertambah banyak dan masyarakatpun semakin selektif untuk memilih sehingga terjadi persaingan yang ketat antara perusahaan dan perusahaan lain.
Dalam hal ini, perusahaan yang dapat menarik minat masyarakat atau konsumen, berarti perusahaan tersebut berhasil dalam persaingan antar perusahaan lain. Pada saat seperti ini, pengusaha harus bisa mempertahankan dan melihat faktor lingkungan.


Sumber :

Agus arijanto, pengantar bisnis (pusat pengembangan bahan ajar_UMB)


Tidak ada komentar: