1. PENGERTIAN
RUANG LINGKUP
Ruang Lingkup merupakan batasan
yang memudahkan kita untuk melaksanakan suatu penelitian atau pemantauan agar
lebih efektif dan mudah untuk memisahkan aspek tertentu dari suatu objek.
2. PENGERTIAN
BISNIS
Bisnis adalah suatu kegiatan yang
dilakukan dengan cara mendistribusikan barang dimulai dengan membeli bahan
mentah hingga menjadi bahan siap pakai yang bertujuan untuk mencari laba atau
keuntungan..
Menurut Kismono (2001) bisnis
merupakan proses sosial yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok
melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu
produk tertentu yang memiliki nilai atau memperoleh manfaat
atau keuntungan.
Berdasarkan jenis-jenisnya, bisnis terbagi atas empat
kelompok yaitu;
1.
Monopsoni
Monopsoni yaitu keadaan saat satu
pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas
barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
Kondisi Monopsoni sering terjadi
di area perkebunan, pertanian, dan industri hewan potong, sehingga posisi
tawar-menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen.
Perlu diteliti lebih jauh, apakah
ada faktor-faktor lain yang menyebabkan terjadinya Monopsoni sehingga tingkat
kesejahteraan petani sangat berpengaruh.
2. Monopoli
Monopoli
(dari bahasa Yunani: monos, satu dan polein: menjual) yang merupakan suatu
bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga
pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”.
3.
Oligopoli
Oligopoli
adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa
perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan > 2 < 10.
Dalam pasar oligopoli, tiap
perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar,
di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari pesaing mereka.
Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga,
dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing
mereka.
4.
Oligopsoni
Oligopsoni adalah keadaan dimana
dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli
tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
3.TUJUAN
KEBIJAKAN BISNIS
Selain untuk mencari
keuntungan/laba, member kesejahteraan bagi sesama, memperbaiki pertumbuhan
ekonomi, memberi pelayanan jasa, bisnis juga mempunyai kebijakan. Maksud dari
kebijakan tersebut yaitu sebagai panutan dalam mengambil keputusan agar tidak
merugikan diri sendiri maupun oranglain. Tujuan kebijakan bisnis yaitu,
meliputi :
a.
Melindungi
usaha kecil dan menengah
b.
Melindungi
lingkungan hidup sekitarnya
c.
Melindungi
konsumen
d.
Pendapatan
pemerintah
4. SISTEM PEREKONOMIAN DAN SISTEM PASAR
1.
Sistem
Perekonomian
Sistem
perekonomian adalah sistem yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan
sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara
tersebut. Jenis-jenis sistem perekonomian :
a.
Sistem ekonomi
pasar
Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :
-
Adanya kebebasan dalam memilih alat
produksi dan pengakuan hak milik pribadi.
-
Adanya kebebasan dalam memilih
lapangan pekerjaan dan bidang usaha sendiri.
-
Adanya persaingan bebas di antara
para pelaku kegiatan ekonomi, terutama untuk menguasai pasar.
-
Adanya kebebasan bagi para produsen
untuk menentukan jenis dan jumlah barang atau jasa apa yang akan diproduksi
dengan latar belakang untuk mencari keuntungan.
-
Pasar merupakan fokus kegiatan
ekonomi yang dilakukan oleh setiap produsen.
-
Harga dibentuk oleh mekanisme pasar
melalui proses tarik menarik antara permintaan dan penawaran.
-
Campur tangan dan peran pemerintah
sangat dibatasi hanya pada hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh swasta.
-
Setiap pelaku kegiatan ekonomi
dianggap sebagai homo economicus
yang selalu berusaha mencapai laba dan kepuasan maksimal.
b.
Sistem
ekonomi terpusat
Sistem ekonomi terpusat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
-
Pemerintah menentukan semua
aktifitas ekonomi.
-
Pemerintah menentukan harga-harga
dan pendistribusian barang dan jasa.
-
Masyarakat tidak memiliki kebebasan
untuk melaksanakan kegiatan ekonomi.
-
Sumber daya ekonomi dikuasai oleh
negara dan tidak ada sumber daya ekonomi yang dimiliki atau dikuasai secara
pribadi.
-
Mekanisme pasar tidak berjalan.
-
Adanya prinsip kebersamaan sehingga
tidak ada persaingan dalam kegiatan ekonomi.
c.
Sistem
ekonomi campuran
Sistem ekonomi campuran memiliki
ciri-ciri sebagai berikut :
-
Adanya campur tangan pemerintah
dalam perekonomian.
-
Hak kepemilikan pribadi diakui.
-
Kepemilikan faktor produksi yang
vital diatur dan dikuasai oleh Negara.
-
Pemerintah memberikan jaminan sosial
dan mengupayakan pemerataan distribusi pendapatan.
-
Harga ditentukan oleh pasar namun
demikian tetap diawasi oleh pemerintah.
-
Kesempatan kerja penuh dan jasa-jasa
kolektif diprioritaskan.
d.
Sistem
ekonomi tradisional
Sistem ekonomi tradisional memiliki
ciri-ciri sebagai berikut :
-
Belum ada pembagian kerja
-
Peran masyarakat dalam berusaha
masih kurang
-
Masih terdapat pertukaran secara
barter
-
Teknologi yang diterapkan masih
sederhana
-
Produksi masih terbatas dan
ditentukan oleh kebutuhan
-
Kegiatan ekonomi utamanya pada
sektor agraris
e.
Sistem
demokrasi ekonomi / sitem ekonomi pancasila
Sistem ekonomi pancasila memiliki
ciri-ciri sebagai berikut :
-
Perekonomian didasarkan pada azas
kekeluargaan.
-
Cabang produksi yang penting dan
menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.
-
Bumi, air dan kekayaan alam yang
terkandung didalamnya dikuasai negara dan digunakan untuk kemakmuran rakyat.
-
Hak milik perseorangan diakui dan
pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
-
Potensi, inisiatif, dan daya kreasi
masyarakat dikembangkan.
2.
Sistem Pasar
Sistem
pasar adalah setiap proses yang sistematis yang memungkinkan banyak pelaku
pasar untuk menawar dan bertanya. Dengan kata lain, sistem pasar adalah tempat
(virtual atau fisik) yang memfasilitasi pencocokan pembeli dan penjual.
Menurut dari bentuk kegiatannya
pasar dibagi menjadi 2, sebagai berikut:
-
Pasar
Nyata
Pasar
nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat
dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
-
Pasar
Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana
para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli
secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja.
Contohnya pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Menurut
cara transaksinya pasar dibagi menjadi dua, sebagai berikut:
-
Pasar
Tradisional
Pasar
tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dan konvensional, dimana para
penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar-menawar secar langsung. Barang-barang
yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok
sehari-hari.
-
Pasar
Modern
Pasar modern adalah pasar yang
bersifat modern dimana barang-barang diperjualbelikan dengan harga pas dan
denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mall, plaza,
dan tempat-tempat modern lainnya.
5. KESEMPATAN BISNIS ATAU USAHA
Dalam
menjalankan suatu bisnis, kita hendaknya memperhatikan beberapa hal yang
merupakan celah bisnis, diantaranya:
a.
Penuhi
kebutuhan konsumen
b.
Jual
keunikan
c.
Beri
fasilitas tambahan
d.
Menjadi
agen
e.
Buka
kantor/cabang usaha
f.
Jalankan
DS/MLM (Direct Selling/Multi-Level Marketing)
g.
Usaha
waralaba
6. UNSUR-UNSUR PENTING DALAM AKTIVITAS EKONOMI
1.
Keinginan
Manusia
Keinginan
Manusia merupakan unsur terpenting dalam aktivitas ekonomi karena manusia
memiliki keinginan yang membuat mereka dapat berpikir keras untuk memenuhi
keinginannya tersebut. Seperti keinginan untuk berhasil di bidang bisnis.
Manusia akan mencari cara agar pruduk yang mereka ciptakan dapat diterima
dengan baik oleh masyarakat.
2.
Sumber
Daya
Sumber
daya merupakan hal terpenting ke dua dalam aktivitas ekonomi. Karena sumber
daya juga merupakan kunci dalam memperoleh kesuksesan dalam bidang ekonomi.
Contohnya saja seorang yang ingin memulai usaha warnet namun, ia tidak mengerti
tentang jaringan internet atau-pun komputer itu sendiri. Maka itu bias menyebabkan
ketidak nyamanan para pelanggannya ketika terjadi gangguan. Maka seharusnya
pemilik harus memiliki sumber daya manusia yang cukup.
3.
Cara-cara
berproduksi ( Tehniques Of Production)
Cara
pembuatan barang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi, tetapi persoalan
barang-barang dan atau jasa-jasa apa yang harus di produksi, berapa banyak
barang atau jasa yang harus diproduksi dan cara-cara mana yang di gunakan untuk
memproduksi barang dan jasa tersebut sehingga mencapai pembiayaan yang minimal
dan hal tersebut adalah termasuk bidang ekonomi dan merupakan
pesoalan-persoalan yang harus diperhatikan oleh ahli-ahli ekonomi.
7.
HAKIKAT BISNIS
Mementingkan dan melayani orang lain sesungguhnya
merupakan konsep bisnis. Mementingkan orang lain adalah rahasia bisnis yang
terpenting sepanjang masa. Dengan demikian menunjukkan bahwa Anda belum
memahami hakikat bisnis yang sesungguhnya. Bisnis yang mementingkan dirinya
sendiri akan hancur. Contoh sederhana mengenai hal ini adalah seorang petugas
sales yang berusaha semampunya menawarkan produknya kepada pelanggan. Hakikat
bisnis yang sesungguhnya adalah mementingkan orang lain. Ini bukan sekadar konsep
kemuliaan dan spiritualitas. Ini konsep bisnis. Bahkan bisnis itu sendiri pada hakekatnya
adalah spiritualitas. Bisnis yang sejati haruslah dilandaskan pada spiritualitas
dan akan menghasilkan tingkat spiritualitas yang lebih tinggi, baik bagi pelaku
maupun pelanggan. Orang yang melayani orang lain dengan keahlian yang tinggi
akan menjadi orang yang penting dan bernilai.
8. MENGAPA BELAJAR BISNIS
Belajar bisnis sangat diperlukan, melalui kegiatan
bisnis, suatu perusahaan atau badan dapat memenuhi setiap kebutuhan konsumen
yang beraneka ragam dan kemudian konsumen merasa sangat puas.
Sumber:
Sumber:
http://www.idjoel.com/pengertian-ruang-lingkup/
http://dokumen.tips/documents/makalah-pengertian-dan-ruang-lingkup-pengantar-bisnis.html
http://www.akuntt.com/2013/10/pengertian-monopoli-dan-monopsoni.html
http://dkbuisness.blogspot.co.id/2012/10/tujuan-kebijakan-bisnis.html
http://www.sridianti.com/pengertian-sistem-pasar.html
http://bangkusekolah.com/2014/12/14/pengertian-sistem-ekonomi-dan-jenisnya/
http://rowland_pasaribu.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.9
https://ruthsimatupang.wordpress.com/2011/02/02/kesempatan-bisnisusaha-dan-unsur-unsur-penting-dalam-aktivitas-ekonomi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar