Sabtu, 01 Desember 2018

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

PERENCANAAN & PENGEMBANGAN KARIER

1.      PERENCANAAN KARIER
Perencanaan karier terdiri atas dua suku kata, yaitu perencanaan dan karier. Perencanaan dapat didefinisikan sebagai proses penentuan rencana atau kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pada masa mendatang. Sedangkan karier adalah semua pekerjaan yang dilakukan seseorang selama masa kerjanya yang memberikan kelangsungan, keteraturan, dan nilai bagi kehidupan seseorang.
Konsep Dasar Perencanaan Karir Dapat Dijabarkan Seperti :
  1. Career path
Arah atau jalur karir adalah pola urutan jabatan-jabatan yang membentuk karir sekarang.
  1. Career goal
Sasaran karir adalah posisi-posisi masa mendatang yang dengan sekuat tenaga ingin dicapai seseorang.
  1. Career planning
Proses pemeilihan sasaran-sasaran karir dan jalan ke arah sasaran tersebut.
  1. Career development
Selain pengembangan yang bersifat pribadi, pengembangan karir juga dapat didukung oleh badan kepegawaian (dengan memfasilitasi kegiatan pelatihan dan pengembangan) dan didukung oleh manajer (mentoring).

2.      PENGEMBANGAN KARIER
      Pengembangan karier adalah suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan status seseorang dalam suatu organisasi pada jalur karir yang telah ditetapkan dalam organisasi. Menurut Siagian (2006), terdapat tujuh faktor yang mempengaruhi pengembangan karir seseorang, yaitu sebagai berikut :
  1. Prestasi kerja yang memuaskan
  2. Pengenalan oleh pihak lain
  3. Kesetiaan pada organisasi
  4. Pembimbing dan sponsor
  5. Dukungan para bawahan
  6. Kesempatan untuk bertumbuh
  7. Berhenti atas permintaan dan kemauan sendiri

1)      Bentuk Pengembangan Karir 
Umumnya bentuk pengembangan karir yang dipilih perusahaan atau organisasi antara lain adalah sebagai berikut :
1.      Pendidikan dan Pelatihan 
Pendidikan dan pelatihan adalah suatu kegiatan perusahaan yang dimaksudkan untuk memperbaiki dan mengembangkan sikap, tingkah laku, keterampilan, dan pengetahuan para pegawai sesuai keinginan dari perusahaan yang bersangkutan.
2.      Promosi 
Promosi adalah suatu perubahan posisi atau jabatan dari tingkat yang lebih rendah ke tingkat yang lebih tinggi, perubahan ini biasanya akan diikuti dengan meningkatnya tanggung jawab, hak, serta status sosial seseorang.
3.      Mutasi 
Mutasi adalah suatu perubahan posisi / jabatan / tempat / pekerjaan yang dilakukan baik secara horizontal maupun vertikal (promosi / demosi) di dalam suatu organisasi.

2)      Ruang Lingkup Perencanaan Karier
Ruang lingkup perencanaan karier mencakup hal-hal sebagai berikut:
1.      Perencanaan jenjang jabatan atau pangkat karyawan
Perencanaan jenjang jabatan atau pangkat karyawan perlu memperhatikan faktor-faktor diantaranya: sifat tugas, beban tugas dan tanggung jawab yang dipikul pejabat yang bersangkutan.
2.      Perencanaan tujuan-tujuan organisasi / perusahaan
Tujuan-tujuan organisasi mulai dari tingkat teratas sampai dengan eselon-eselon dibawahnya, akan menentukan jalur karir anggota organisasi bersangkutan. Dari tujuan organisasi akan dapat ditentukan:
a.       Besar kecilnya misi organisasi;
b.      Berat ringannya tugas pekerjaan;
c.       Spesifikasi pekerjaan yang perlu dirumuskan;
d.      Jenis kelompok pekerjaan yang perlu disusun;
e.       Kuantitas dan kualitas personel yang diperlukan.

3)      Langkah-Langkah Perencanaan Karir
Proses atau langkah-langkah yang akan ditempuh untuk menyusun rencana karier terdiri atas hal-hal berikut ini.
1.      Menilai Diri Sendiri
2.      Menetapkan Tujuan Karier
3.      Menyiapkan Rencana-rencana
4.      Melaksanakan Rencana-rencana

4)      Pertimbangan dalam Perencanaan Karir
Dalam proses perencanaan karir, perlu dipertimbangkan beberapa hal, khusus yang menyangkut masa jabatan atau pemindahan jabatan seseorang yang berpengaruh pada jenjang karirnya. Pertimbangan-pertimbangan itu ialah singkatnya masa jabatan, terlalu lamanya masa jabatan, dan keinginan dipindahkan dari jabatan. Tiga hal tersebut patut menjadi perhatian :
1.      Singkatnya Masa Jabatan.
2.      Terlalu Lamanya Masa Jabatan.
3.      Keinginan Pindah Jabatan.

5)      Manfaat Perencanaan Karier
Menurut Dewi Hanggraeni (2012). Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh perusahaan apabila proses perencanaan karier para pekerjanya dikelola dengan baik, diantaranya:
1. Membantu menyelaraskan strategi perusahaan dan kebutuhan sumber daya manusia.
2. Membantu proses pengembangan karyawan.
3. Menurunkan tingkat perputaran karyawan (turn over), perhatian yang diberikan perusahaan kepada perencanaan karier para pekerjanya akan meningkatkan modal pekerja.
4. Memotivasi pekerja untuk terus mengembangkan diri.
5. Memenuhi kebutuhan pekerja.

Tidak ada komentar: